Oracle

Posted: October 10, 2011 in Uncategorized

Oracle menggunakan SQL (Structured query language) sebagai bahasa perantara antara user dan database. Kemudian Oracle Corp mengembangkan sebuah bahasa procedural yang mereka sebut sebagai PL/SQL. Dengan menggunakan kedua bahasa ini, seorang user dapat mengoptimalkan penggunaan database Oracle.

SQL merupakan bahasa yang digunakan oleh banyak aplikasi atau tool untuk berinteraksi dengan server database. SQL adalah bahasa fungsional yang tidak mengenal iterasi dan tidak bersifat procedural SQL menggunakan perintah-perintah dengan kata-kata sederhana dan mirip dengan bahasa manusia sehari-hari, tentu saja dalam bahasa inggris. Pada SQL, user hanya menentukan apa hasil akhir yang diinginkan.

Sedangkan PL/SQL adalah bahasa prosedural yang dikembangkan sendiri oleh Oracle Corp untuk mengoptimalkan pembuatan aplikasi database. Kata PL pada PL/SQL adalah singkatan dari ”Procedural Language”. Pada PL/SQL ditambahkan beberapa hal yang dikenal pada dunia pemograman, seperti variabel, loop, pemrosesan berdasarkan kondisi, operator cursor, modularisasi, dan banyak lagi yang lainya. Semua tambahan itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja operasi-operasi SQL pada database sehingga manfaat dan kehandalannya menjadi lebih maksimal.

Leave a comment